Sunday, September 5, 2010

Kecerdasan mana yang anda miliki ?

Selama ini orang banyak berpikir bahwa anak yang cerdas adalah mereka yang pandai ilmu lmu-ilmu exact, seperti matematika dan kimia. Sehingga ada orang yang menganggap bahwa pada level SMA siswa yang mengambil jurusan IPA akan di cap sebagai kumpulannya anak-anak yang cerdas. Sedang  siswa jurusan IPS mereka di anggap sebagi golongan anak-anak yang tidak cerdas. Pandangan seperti ini mestinya jangan di tanamkan di lingkungan sekolah, apalagi di lontarkan oleh seorang pendidik. Pandangan yang menganggap anak jurusan exact sebagai kelompok anak cerdas dan mengganggap jurusan IPS merupakan kelompok yang kurang cerdas ini sunggup sikap yang diskriminatif, karena pada dasrnya semua anak itu mempunyai potensi kecerdasan, hanya saja jenis kecerdasannya berbeda. Karena  menurut Dr. Howard Gardner ada delapan jenis kecerdasan yang terselubung dalam diri manusia, tinggal dari delapan ini mana yang lebih di tonjolkan. adapun delapan jenis kecerdasan tersebut adalah :

Kecerdasan Lingustik (kecerdasan mengolah kata dalam berbicara)

Kecerdasan Logika matematika

Kecerdasan Gerak (kecerdasan mengolah gerak seperti: penari, olahragawan dan pesilat) 

Kecerdasan spasial (kecerdasan yang melibatkan  imajinasi aktif sehingga mampu mempersepsikan warna, garis, luas dll, contohnya: pelukis, pemahat dan arsitek)

Kecerdasan Musik

Kecerdasan Intrapersonal (kemampuan seorang untuk mengenali dan mengembangkan potensi serta mengekpresikan diri)

Kecerdasan Interpersonal (yaitu ketrampilan sosial yang berkaitan dengan ranak afektif dan emosi seperti: etika, motivasi, moral dan hati nurani)

Kecerdasan Naturalis (kempuan mengenali dan memahami sifat-sifat alam, sehingga sering mengobervasi lingkungan alam seperti jenis bebatuanl, jenis tanah, jenis flora dan fauna dll)

Jadi dari delapan jenis kecerdasan ini kebanyakan manusia memiliki minimal satu jenis, untuk itu pada dasarnya manusia adalah cerdas hanya bidangya yang berbeda. anak yang pandai menghitung belum tentu pandai dalam menari atau melukis, demikian juga sebaliknya.Untuk itu kalau bisa dari delapan jenis kecerdasan tersebut perlu adanya stimulan masing-masing, agar dapat menguasai konsep multiple inteiegences atau kecerdasan majemuk. Namun jarang manusia yang bisa menguasai semuanya ini, adapun tokoh yang  mempunyai kecerdasan majemuk adalah Leonardo Da Vinci, beliau adalah pelukis handal, pemahat, musikus, arsitek, ahli matematik, astronomi dll.Untuk itu kembangkan berbagai potensi yang ada dalam tubuh kita agar kecerdasan timbul dari diri kita, adapun mana yang akan di tonjolkan adala terserah kita masing-masing yang sesuai dengan hati sanubari.




No comments:

Post a Comment