Wednesday, November 3, 2010

Iman Kepada Rosul Alloh

Mempercayai kepada rosul Alloh bagi umat muslim adalah fardlu ain, karena percaya kepada Rosul Alloh merupakan merupakan sebagian dari rukun iman yang enam. seorang muslim yang mendustakan adanya para Rasul bisa dikatakan telah ia telah telah kafir (lihat Q.S.An Nisa : 150) 

Rosul yang wajib di ketahui orang muslim adalah 25 orang sesuai yang di cantumkan dalan Al-Qura'an, sedang jumlah nabi dan radsul sebenarnya banyak sekali. Rosullulloh dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh imam Ahmad dan Abu Dzar menginformasikan bahwa jumlah seluruh nabi ada 124.000 orang, sedang jumlah Rosul semuanya ada 315 Orang.
Nabi dan Rasul mereka adalah merupakan utusan Allah yang di beri wahyu, namun ada perbedaan antara keduanya yaitu dalam hal mendakwahkan syariatnya. Nabi menerima wahyu untuk dirinya sendiri, sedang Rasul menerima wahyu unttuk di sampaikan kepada umatnya, jadi Rosul harus berjuang mendakwahkan syariat dari Allah untuk di kenalkan kepada umatnya.
Nabi maupun Rasul diberi mukjizat oleh Alloh sebagai bukti kenabian atau kerasulan mereka, mukjizat tidak bisa dipelajari karena ini merupakan kejadian luar biasa yang hanya di berikan kepada orang terpilih sebagai utusan Allah. Fungsi daripada mukjizat ini adalah untuk membuktikan kenabian atau kerasulan dan untuk melemahkan orang-orang yang mengingkarinya.
Seorang Muslim juga harus meyakini bahwa 5 dari 25 Nabi dan Rasul adalah mendapat gelar ulul azmi, yaitu mereka yang terkenal kesabaran dan ketabahannya pada saat memperjuangkan agama Allah. adapun mereka yang termasuk ulul azmi adalah: Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Isa, Nabi Musa dan Nabi Muhammad SAW.
Para Nabi dan Rasul mempunyai sifat wajib yang di milikimya yaitu: sidiq (benar), amanah (dipercaya), tablig (menyampaikan) dan fathonah (cerdas).
Seorang muslim juga harus mempercayai bahwa nabi Muhammad adalah sebagai nabi Ahiruzaman.

No comments:

Post a Comment